Categories
INFORMASI TEKNOLOGI

Contoh Implementasi Pompa Air Tenaga Surya Untuk Air Bersih

Contoh Implementasi Pompa Air Tenaga Surya Untuk Air Bersih. Air merupakan kebutuhan primer bagi hampir setiap makhluk hidup, tak terkecuali manusia. Ketersediaan air yang cukup akan membuat masyarakat bisa menjalani aktivitas seperti mandi dan memasak makanan dan air minum dengan baik.

Namun sayangnya, tidak semua lokasi tempat tinggal penduduk memiliki air yang dapat memenuhi hajat hidup mereka. Jika pun ada, air yang tersedia sebenarnya tidak memenuhi standar kualitas air yang layak dikonsumsi atau dipakai untuk mandi.

Masyarakat dengan ekonomi menengah ke atas biasanya memasang alat filter untuk mendapatkan air bersih yang bisa digunakan minimal untuk mandi, memasak makanan, dan air minum. Akan tetapi, tak jarang yang harus mengandalkan fasilitas air yang dibangun pemerintah untuk memenuhi kebutuhan akan air tersebut.

Biasanya untuk mendapatkan air mereka harus mengantri dan biasanya air hanya bisa diambil dengan takaran yang sudah ditentukan agar pembagian air bisa dilakukan secara merata. Pompa air tentu saja sangat dibutuhkan untuk memastikan ketersediaan air di suatu daerah.

Sebuat inovasi terbaru yaitu pompa air tenaga surya hadir untuk mempermudah masyarakat untuk memperoleh air bersih dengan memanfaatkan matahari sebagai tenaga pembangkitnya. Energi panas dari matahari akan diubah menjadi energi listrik dengan menggunakan sistem panel surya.

Pompa air ini sudah diterapkan di beberapa daerah dengan kegunaan yang bisa disesuaikan. Salah satunya adalah Dadaab, daerah yang menampung pengungsi dengan jumlah terbesar di dunia yang berada di perbatasan Kenya, Somalia.

Tempat penampungan ini difasilitasi dengan pompa air bertenaga surya dengan manfaat yaitu menghemat biaya dan juga menghilangkan risiko maupun masalah terkait dengan penyediaan air bersih. Pompa air tenaga surya ini menyediakan air secara terus-menerus untuk ribuan penduduk di Dadaab.

Dadaab merupakan daerah yang disinari matahari selama 10 jam setiap hari dengan intensitas kelembaban yang  relatif rendah. Dengan bantuan salah satu perusahaan dan bekerja sama dengan beberapa organisasi kemanusiaan, maka dibuatlah pompa air ini di daerah pengungsian tersebut.

Tidak hanya di Dadaab, beberapa daerah di Indonesia juga sudah mengimplementasikan pompa air tenaga surya ini untuk menghasilkan air bersih yang digunakan untuk memenuhi hajat hidup orang banyak.

Beberapa daerah di antaranya adalah Rote-NTT, Suak Samin-Jambi, Wasior-Papua, dan Mempawah-Kalimantan Barat. Di Rote, instalasi sudah dilakukan sejak Oktober 2015. Artinya, sudah ada yang membuktikan manfaat dari penggunaan pompa air ini.

Pompa air bertenaga surya ini bisa menjadi alternatif yang layak dipertimbangkan untuk ketersediaan berkelanjutan akan pasokan air bersih. Hal ini tentu saja menjadi kabar baik bagi daerah yang sedikit bahkan sangat sulit untuk mendapatkan air bersih.

Sudah saatnya pemerintah dan instansi terkait, juga masyarakat untuk beralih menggunakan pompa air tenaga surya yang memiliki energi tak terbatas dan disediakan secara gratis oleh alam. Bumi menjadi lebih baik dengan memanfaatkan energi panas matahari yang ramah lingkungan.

Leave a Reply