Categories
INFORMASI WISATA

Pengalaman Seru Ke Keraton Jogja Bersama Paket Wisata Jogja

Paket wisata Jogja memang sangat lengkap sekali. Menariknya, setiap destinasi yang dihadirkan bukan hanya untuk wisata alam saja. Lebih dari itu juga menghadirkan berbagai destinasi untuk wisata budaya. Seperti ke Keraton Jogja ini misalnya.

Ada yang menyebut Yogyakarta itu sebagai Kota Pendidikan, ada juga yang mengenalnya sebagai destinasi wisata. Apapun sebutannya, Yogyakarta itu seperti bermakna dalam sajak Joko Pinurbo yaitu rindu, pulang dan angkringan. Melihat aspek wisata Yogyakarta, hal menarik lainnya yang selalu dikunjungi oleh wisatawan adalah Kraton Jogja.

Hal Menarik Keraton Jogja

Kesultanan Yogyakarta tetap eksis di balik pesatnya modernisasi dan persaingan global yang begitu cepat, sistem kerajaan dan dipimpin oleh seorang sultan menjadikan Yogyakarta sebagai daerah istimewa yang terus menjaga budaya leluhur hingga sekarang.

Tidak heran Daerah Istimewah Yogyakarta menjadi incaran turis lokal dan mancanegara untuk mengenal lebih jauh lagi mengenai Keraton Jogja sebagai wisata budaya yang menjadi bagian dari identitas bangsa.

1. Berdirinya Keraton Jogja

Berdirinya Keraton Yogyakarta dimulai pada masa Sultan Hamengkubuwono I yang dilakukan secara bertahap, prosesnya pun selesai dibangun pada tahun 1790. Konsep pembangunan Keraton itu penuh dengan makna filsafat jawa.

Bangunan keraton terletak pada garis imajiner dalam bentuk jalan dari Gunung Merapi, Tugu, dan Keraton Jogja yang bermakna sebagai lambang dari hubungan manusia dengan tuhan, manusia sesama manusia, dan manusia dengan alam.

Pembangunannya pun penuh dengan makna yang memiliki makna simbolis, Bagian Utara Keraton dibangun langsung menghadap Gunung Merapi dan bagian selatannya menghadap Samudera Hindia yang berbatasan langsung.

Dengan berbagai makna dan filosofis yang terdapat didalamnya memberikan pengalaman wisata budaya yang begitu kental dan syarat akan makna, sehingga hal itu menjadi daya tarik wisata yang menakjubkan.

2. Tujuh Aturan Unik

Untuk Anda yang baru berkunjung ke Keraton Yogyakarta perlu memperhatikan aturan-aturan yang diterapkan, jadilah wisatawan yang cerdas dan tidak sembarangan dalam berperilaku. Aturan dibuat untuk dipatuhi bukan dilanggar. Aturan ini tidak asal dibuat dan diperuntukkan untuk menjaga keistimewaan keraton itu sendiri.

Berikut beberapa aturan unik yang ditetapkan ketika Anda berkunjung. pertama, Dilarang berfoto dengan membelakangi Abdi Dalem. Kedua, Dilarang Membelakangi Keraton, karena tindakan tidak sopan. Ketiga, Pengunjung Dilarang memakai dan menggunakan Topi di dalam keraton. Keempat, Jangan duduk asal-asalan atau sembarangan.

Kelima, Jangan menyentuh barang yang dipamerkan di dalam keraton, tanpa izin terlebih dahulu. Keenam, Dilarang membawa barang yang beroda seperti koper dan tempat dorong bayi. Ketujuh, Harus ada izin ketika membawa kamera, baik itu smartphone sekalipun.

3. Terdapat 23 Kereta Kencana

Kereta tersebut bukan hanya dikoleksi dan menjadi pajangan saja, untuk beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Keraton Yogyakarta semua kereta masih sering digunakan dalam upacara-upacara hari kebesaran keraton. Kereta kencana itu mempunyai berbagai fungsi dan kegunaan dan memiliki 23 nama yang berbeda setiap keretanya.

Semua kereta kencana yang tersedia dapat anda saksikan dan temukan pada museum kereta, semuanya dapat anda lihat dan tetap mematuhi aturan yang terkait dan jangan sembarangan dalam berkunjung.

4. Jadwal Pertunjukkan dan Jam Buka

Untuk Anda yang tertarik untuk berkunjung dan mengenal lebih jauh lagi wisata budaya di Yogyakarta, Letaknya di Jl. Rotowijayan No 1, Panembahan, Kota Yogyakarta atau Anda dapat langsung berkunjung dengan memanfaatkan google maps agar tidak kesulitan dalam mencarnya.

Namun untuk perjalanan yang lebih mudah dan menyenangkan, Anda bisa datang ke Keraton Jogja menggunakan jasa paket tour Jogja.

Jam buka sendiri dari Hari Selasa – Minggu pukul 08.30 – 15.00 (Senin Libur)

Jadwal pertunjukkan :

– Selasa                               : Pertunjukan Uyon-Uyon                               (10.00-12.00)

– Rabu                                  : Wayang Golek                                            (10.00-13.00)

– Kamis                                : Wayang Kulit                                               (10.00-13.00)

– Jumat                                 : Macapat                                                                   (10.00-14.30)

-Sabtu & Minggu                  : Wayang wong                                              (10.30-13.00)

Agendakan Liburan Menarik ke Keraton Jogja Bersama Paket Wisata Jogja

Begitulah ulasan mengenai Keraton Yogyakarta, banyak hal yang dapat dipelajari dan diterapkan dalam kehidupan sekarang, Selalu tetap utamakan aturan dan menjaga nilai-nilai kesopanan dalam berkunjung dan berwisata ke suatu daerah atau tempat.

Untuk Anda yang menginginkan perjalanan berkunjung ke Keraton Jogja yang lebih simpel Anda bisa menggunakan jasa penyedia paket wisata Jogja. Happy Holiday. 

Leave a Reply