Categories
BERITA TERBARU INFORMASI

Cara Merawat Burung Trucukan dengan Tepat

Cara Merawat Burung Trucukan dengan Tepat. Burung trucukan merupakan keluarga dekat dari burung cucak rawa. Eksistensinya mulai memuncak sejalan dengan maraknya kompetisi burung berkicau di Indonesia. Merawat dan menjaga burung trucukan amatlah mudah dilakukan, apalagi juga bisa dijadikan sebagai hiburan.

Harga jual burung trucukan relatif terjangkau bagi para penggemar burung berkicau. Akan tetapi, masalah yang  sering dialami oleh pecinta burung trucukan yaitu kurangnya pengetahuan terhadap cara merawat dan menjaga burung tersebut secara tepat. Sebab, setiap burung memiliki cara perawatannya masing-masing, tergantung jenis dan umur dari burung tersebut.

Apabila burung tersebut masih anakan, maka terdapat cara merawat burung trucukan khusus yang tidak patut disamakan dengan perawatan burung trucukan dewasa. Jika memberi perawatan yang tidak sesuai, maka berisiko membuat burung menjadi sakit, coba kenali situs citcuit.id untuk mengetahui informasi terlengkapnya.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai cara merawat burung trucukan yang paling benar dan tepat. Bagaimana penjelasannya? Simak pembahasan di bawah ini :

Menggunakan Krodong

Menggunakan krodong sebagai cara merawat burung trucukan sebetulnya sudah dilakukan sejak lama sekali. Akan tetapi, tidak semua pecinta burung mengetahui metode perawatan yang satu ini. Pengkrodongan mempunyai banyak manfaat untuk burung trucukan. Selain bermanfaat untuk menjinakkan burung lebih cepat, metode ini juga bisa membantu para burung beristirahat dengan nyaman dan tenang di malam hari. Pengkrodongan juga sangat efektif dan efisien jika harus digunakan pada semua ragam burung, apalagi burung yang berkicau.

Memandikan Burung Trucukan

Memandikan burung yang satu ini bisa dilakukan dengan metode tertentu apabila burung trucukan masih belum jinak. Kamu bisa melakukan metode pemandian secara langsung menggunakan tangan kita sendiri.

Cara merawat burung trucukan yakni peganglah burung  trucukan, namun jangan terlalu erat. Lalu, kamu bisa menyemprot atau mengolesnya menggunakan air biasa. Selain itu, kamu juga bisa memakai sabun tertentu yang dikhususkan untuk burung berkicau. Tentunya, kamu bisa mendapatkan sabun tersebut di toko penjual pakan burung terdekat.

Berikan Makanan Secukupnya

Supaya burung trucukan yang kamu pelihara dapat bersikap tenang, kamu bisa mengatasinya dengan memberi makanan yang terbatas. Porsi makanan yang sedikit dapat membiasakan burung trucukan agar tidak bergerak aktif seperti sediakala. Dengan kata lain, memberi makan secukupnya pada burung ini dapat membatasi ruang gerak pada burung trucukan.

Akan tetapi, jika cara merawat burung trucukan belum berhasil jinak, kamu bisa mengasih porsi makan yang normal. Bahkan, sesekali kamu juga dapat memberi makanan dengan porsi yang lebih seperti voer dan beberapa jenis makanan burung lainnya.

Demikianlah ulasan mengenai cara merawat burung trucukan dengan tepat. Merawat burung yang berkicau ini memang terasa susah-susah gampang. Akan tetapi, jika sudah mengetahui cara merawatnya dengan baik, maka kamu akan terbiasa dengan metode perawatan tersebut. Semoga pembahasan pada kali ini bermanfaat.

Leave a Reply