Categories
BERITA TERBARU INFORMASI

Cara Memilih Kosmetik Aman

Yang namanya makeup tentunya tidak akan terlepas dari yang namanya kosmetik. Karena kosmetik merupakan bahan-bahan yang diperlukan dalam proses makeup. Nah, dalam artikel tips makeup kali ini akan membahas tentang cara memilih kosmetik yang aman sebagai berikut ini :

1. Perhatikan Reaksi Setelah Menggunakan Kosmetik

Cara pertama dalam memilih kosmetik yang aman adalah dengan memperhatikan reaksi setelah menggunakan kosmetik tersebut. Caranya adalah dengan mengoleskan sedikit produk kosmetik tersebut ke bagian punggung tangan guna melihat warna dan tekstur, apakah kosmetik tersebut cocok dengan yang anda cari atau tidak. Cara ini bukan hanya untuk sekedar mencocokkan produk kosmetik dengan keinginan anda saja, namun anda juga bisa memanfaatkannya sebagai salah satu cara untuk memilih produk kosmetik yang aman. Jadi setelah mengoleskan sedikit kosmetik di punggung tangan, anda coba perhatikan aroma, warna, dan teskturnya.

2. Waspadai Tehadap Kosmetik Ilegal Dan Palsu

Anda tentunya ingin menggunakan produk kosmetik yang terbuat dari bahan yang aman bagi kulit dan tidak beracun. Namun sayangnya, hal tersebut tidak mudah untuk mengetahui merek kosmetik mana yang asli atau palsu dan ilegal. Walaupun saat ini banyak sekali orang yang menawarkan label ”organik” atau “alami”, namun tidak semuanya produk kosmetik tersebut benar-benar alami serta terbebas dari bahan-bahan yang sangat berbahaya bagi kesehatan kulit. Sebenarnya cara mudah untuk mengenali kosmetik ilegal adalah dengan tidak adanya nomor izin edar (NIE) dari BPOM. Sehingga produk kosmetik tersebut belum diuji oleh BPOM dan belum diketahui apakah kandungannya aman atau tidak bagi kulit.

3. Rasa Seperti Terbakar Atau Menyengat Pada Saat Digunakan

Perlu anda ketahui bahwa produk baik masker, lotion, maupun pembersi bisa menimbulkan rasa terbakar pada kulit. Semua reaksi tersebut bisa jadi muncul sebagai tanda bahwa kulit anda alergi.  Dan reaksi tersebut merupakan mekanisme perlindungan kulit dari bahan-bahan yang dianggap menyerang. Baik itu berupa fragrance, pengawet, dan zat adiktif yang lainnya. Beberapa enzim dan masker yang berbahan dasar asam bisa menimbulkan rasa tersengat pada kulit untuk beberapa menit, untuk itu jika anda terasa kulit terbakar, maka segeralah membasuhnya dengan air. Hal ini bisa menjadi tanda alergi terhadap sesuatu yang ada pada kosmetik tersebut atau kulit anda sangat sensitif dengan kandungan yang ada pada kosmetik.

4. Rasa Sedikit Terbakar Pada Saat Menggunakan Kosmetik Yang Pernah Digunakan

Rasa semacam ini mungkin muncul sebagai efek samping terhadap orang yang memiliki kondisi kulit yang sensitif, seperti rosacea atau eksim. Apalagi jika produk kosmetik tersebut mengandung alkohol atau bahan dasar yang mengeringkan. Atau kemungkinan yang lainnya adalah terlalu banyak atau sering mengaplikasikn produk kosmetik tersebut.

5. Kulit Kering Dan Mengelupas

Biasanya hal ini terjadi pada sekitar sudut-sudut mulut dan hidung, artinya anda terlalu banyak menggunakan produk anti jerawat, seperti benzoil peroksida atau retinoid. Karena retinoid topical ini digunakan untuk eskfoliasi kulit serta mengganti sel kulit dewasa dan akan menimbulkan iritasi ringan pada kulit.

6. Muncul Ruam Pada Kulit

Tidak semua produk kosmetik itu diperuntukkan untuk semua jenis kulit. Sehingga bahan-bahan aktif yang terkandung pada produk kosmetik bisa menimbulkan iritasi kulit atau menimbulkan alergi. Jika mincul ruam pada kulit dalam beberapin kali penggunaan, bisa jadi hal tersebut karena adanya fragrance, pengawet, atau bahan kimia akrilat.

Leave a Reply