Categories
BISNIS INFORMASI

Inilah Jenis Dan Harga Aki Motor yang Wajib Anda Ketahui

Inilah Jenis Dan Harga Aki Motor yang Wajib Anda Ketahui – Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang dimiliki oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Sama seperti kendaraan lainnya, sepeda motor dinilai sangat membantu masyarakat dalam menjalani aktifitas sehari-hari. Peran sepeda motor yang cukup besar dalam kehidupan masyarakat membuat pemiliknya harus merawat setiap komponen sepeda motor dengan baik.

Harga Aki Motor

Setiap komponen dalam sepeda motor memiliki peran dan cara perawatan yang berbeda. Salah satu komponen yang cukup penting adalah aki. Dalam sepeda motor, aku berfungsi sebagai sumber tenaga listrik yang mendukung komponen lainnya agar bisa beroperasi. Pentingnya fungsi yang dimiliki aki membuat harga aki motor cukup tinggi.

Peran aki yang sangat penting dalam sepeda motor serta harga aki yang cukup tinggi membuat komponen ini harus dijaga dengan baik. Perawatan aki yang baik bisa dimulai dengan memahami jenis aki yang digunakan. Di pasaran ada 2 tipe aki yang sering digunakan masyarakat.

Jenis-jenis aki yang biasa digunakan diantaranya aki basah dan aki kering. Kedua jenis aki ini banyak digunakan masyarakat dan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jenis aki yang mudah ditemukan di pasaran dan banyak digunakan masyarakat adalah aki basah.

Aki basah banyak digunakan masyarakat karena dinilai cukup ekonomis dan bisa digunakan lebih dari sekali. Bukan hanya sepda motor, jenis aki ini juga biasa digunakan pada kendaraan berat seperti mobil dan truk. Harga aki motor jenis aki basah ini berkisar antara 130 hingga 500 ribu rupiah tergantung pada kapasitas penggunaan aki itu sendiri.

Selain aki basah, jenis aki lain yang juga banyak digunakan adalah aki kering.Aki kering biasanya memiliki isi dalam bentuk gel. Kelebihan dari aki kering jika dibandingkan dengan aki basah adalah mudahnya perawatan yang dibutuhkan aki kering ini.

Aki kering bersifat free maintenance atau bebas perawatan sehingga pemiliknya tidak perlu repot-repot melakukan perawatan berkala. Harga aki motor kering yang ditawarkan berkisar antara 180 ribu hingga 3 juta rupiah. Aki kering dengan harga yang cukup tinggi biasanya digunakan oleh sepeda motor dengan spesifikasi berat seperti motor gede.

Perbedaan kedua jenis aki ini terletak pada efisiensi penggunaannya. Jika aki kering bisa digunakan tanpa harus rutin mengecek isi air aki, para pengguna aki basah harus rajin-rajin mengecek air aki untuk memastikan aki bisa digunakan dengan maksimal.

Untuk memastikan kondisi aki kering tetap berjalan prima, Anda cukup menggunakan sepeda motor Anda secara rutin agar aki terus beroperasi dan memiliki kualitas yang baik. Sedangkan cara merawat aki basah bisa dilakukan dengan pengecekan rutin air aki serta pembersigan kutub positif dan negatif aki.

Tinggi rendahnya harga aki motor memang ditentukan oleh kualitas dari aki itu sendiri. Namun baik atau tidaknya kualitas aki setelah dibeli tergantung pada penggunaan dan perawatan yang Anda lakukan. Merawat setiap komponen motor dengan baik akan membantu Anda menjalani aktifitas dengan lebih maksimal.

Leave a Reply