Categories
INFORMASI

Inilah Cara Aman Ketika Mengajukan Pinjaman Dana

https://lh5.googleusercontent.com/r15TId2tqyejY0Il3J0UbvFv5M_VU-GMxkQT6b5rIoxU9HPNJ3O02M8kR_SQhxmC5Q9H3gueCFvgWWX83DyNQi6NfMbinRzzZYRH9ITBYvgTjbL6wJF1B1--Bjvg-dIfXAlkiqaN

Setiap orang dan setiap keluarga pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda untuk memenuhi kehidupannya. Terkadang hal tersebut tidak bisa lepas dari kebutuhan lain sehingga harus mengajukan pinjaman dana untuk memenuhinya dikala tidak ada simpanan atau tambahan lain.

Fenomena tersebut ditangkap dengan baik oleh beberapa perusahaan teknologi keuangan dengan meluncurkan beberapa produk. Salah satunya seperti pinjaman dana online berbasis aplikasi. Dengan adanya kemudahan tersebut nasabah bisa mengajukan secara online dalam beberapa menit saja.

Namun, yang paling penting adalah bagaimana caranya agar keuangan atau finansial keluarga tetap aman dikala harus mengajukan pinjaman tersebut. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan.

Pertimbangkan jumlah pinjaman dengan kemampuan finansial

Kunci utama ketika mengajukan pinjaman adalah berkaca pada kondisi finansial. Jangan sampai meminjam di luar batas kemampuan finansial. Rata-rata orang hanya mampu mengcover utangnya sekitar seperti dari penghasilan bulanannya.

Oleh karena itu, sangat wajar jika ada banyak orang yang akhirnya terjebak dengan tumpukan utang yang berkepanjangan karena tidak mempertimbagkan kondisi finansialnya. 

Pastikan lagi bahwa pinjaman yang diajukan tidak melebihi 30 persen pendapatan bulanan. Rasio itu seharusnya sudah digabung dengan utang yang ada. Jadi bukan 30 persen dari masing-masing pinjaman yang diajukan ya.

Pastikan membayar tagihan tepat waktu

Kebiasaan menunda-nunda pembayaran mungkin bisa dilakukan ketika memiliki kartu kredit. Meskipun ada risiko harus membayar bunga dengan minimal pembayaran.

Cara tersebut tidak berlaku bagi pinjaman dana secara online. Tidak ada mekanisme minimal payment seperti dalam penggunaan kartu kredit. Oleh karena itu, mau tidak mau kita harus menyediakan dana sesuai dengan jatuh tempo yang sudah disepakati.

Konsekuensi logisnya jelas akan mendapatkan tambahan bunga berjalan jika tidak membayarkan kewajiban sesuai dengan tanggal yang sudah disepakati.

Jangan gunakan pinjaman untuk investasi

Salah satu dasar dalam berinvestasi adalah jangan menggunakan utang sebagai sumber dananya. Investasi berbeda dengan utang usaha

Usaha adalah upaya untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis yang dijalankan dengan siklus yang lebih singkat. Berbeda dengan investasi yang banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor tidak langsung seperti keputusan investor hingga kondisi pasar yang bisa berubah sangat cepat.

Intinya jangan pernah menggunakan utang untuk berinvestasi karena risikonya lebih tinggi. Terlebih saat ini cukup marak investasi bodong di Indonesia yang sudah banyak memakan korban. Jadi, lebih berhati-hati ya dalam mengajukan pinjaman. 

Pastikan keluarga tahu ada kewajiban pinjaman

Kondisi tersebut tak lain adalah untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Misalnya ketika nasabah meninggal dunia, tiba-tiba keluarga harus dihadapkan dengan utang yang ditinggalkan. 

Bisa saja nasabah melindungi dirinya dengan asuransi kredit. Dengan begitu, pada saat terjadi kondisi yang tidak diharapkan, seluruh kewajiban yang ada tetap bisa ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Sebisa mungkin memilih tenor paling singkat

Rumus sederhana dalam pinjaman adalah semakin singkat tenornya akan semakin ringan bunga yang ditanggung. Oleh karena itu, usahakan untuk memilih tenor yang paling singkat sesuai dengan kemampuan finansial.

Seperti Kredivo yang punya pilihan tenor fleksibel mulai dari 30 hari, 3 bulan, 6 bulan hingga 12 bulan untuk pembayaran atau pembelian belanja online. Sedangkan untuk pinjaman tersedia tenor 3 dan 6 bulan sehingga tenornya lebih singkat.

Bunga pinjaman Kredivo cukup kompetitif yaitu 2.95%  per bulan. Sedangkan untuk setiap pinjaman dana tunai akan dikenai biaya administrasi sebesar 6% dari total pinjaman yang diajukan. Biaya administrasi tersebut akan dikenakan hanya sekali dan dipotong di muka.

Proses pendaftarannya juga sangat mudah. Unduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store, kemudian ajukan pendaftaran menjadi member reguler agar bisa mengajukan pinjaman mini dan pinjaman jumbo dengan kredit limit hingga Rp30 juta. 

Kredivo memberikan syarat-syarat yang sangat mudah dipenuhi, diantaranya adalah:

  • Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun.
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, pastikan bahwa fintech yang dipilih sudah terdaftar di OJK. Misalnya saja seperti Kredivo yang telah terdaftar secara resmi dengan nomor registrasi S-236 / NB.213 / 2018.

Pinjaman dari Kredivo bisa digunakan untuk modal usaha, biaya perbaikan atau renovasi rumah, hingga biaya darurat lain seperti pembelian obat atau biaya pemeriksaan ke rumah sakit. Ajukan pendaftaran sekarang dan dapatkan kemudahannya hanya melalui genggaman. 

Leave a Reply