Categories
Kesehatan

Seperti Apa Rasa Kecemasan? (Jenis dan Gejala Pembunuh Yang Tak Terlihat)

Seperti Apa Rasa Kecemasan? (Jenis dan Gejala Pembunuh Yang Tak Terlihat)

Pada beberapa tahap dalam kehidupan mereka, sebanyak 40 juta orang dewasa AS akan mengalami gangguan kecemasan. Angka itu, dari sebuah laporan oleh Anxiety & Depression Association of America praktis bisa digandakan ketika memperhitungkan kasus-kasus kecemasan dari seluruh dunia.

Namun, meskipun berdampak pada kehidupan banyak orang di seluruh dunia, kecemasan tetap merupakan penyakit yang disalahpahami, khususnya di antara dua kelompok utama orang: Mereka yang tidak yakin apakah gejala melemahkan yang mereka alami adalah tanda kecemasan atau tidak; dan mereka yang teman-teman dan orang-orang terkasihnya hidup dengan kecemasan.

Kemana pun Anda jatuh, pergolakan pertama dari gangguan kecemasan itu cukup untuk membuat pikiran Anda berlomba dengan pertanyaan:

  • Seperti apa rasanya kecemasan?
  • Bagaimana saya tahu kalau saya benar-benar memilikinya?
  • Apa yang bisa saya lakukan untuk menghentikan gangguan kecemasan yang menghancurkan hidup saya?
  • Apa yang bisa saya lakukan untuk mendukung orang lain dengan kecemasan mereka?

Di sini, kita akan melihat jawaban atas semua pertanyaan paling umum tentang penyebab, gejala, dan solusi dari penyakit mental yang paling disalahpahami ini.

Anxiety vs. Anxiety Disorder

Kesalahpahaman paling umum tentang penyakit ini adalah bahwa semua kecemasan itu buruk. Yang benar adalah, sedikit kecemasan bisa membantu.

Jika kita mulai cemas tentang ujian penting atau wawancara kerja, misalnya, itulah cara tubuh kita mengingatkan kita bahwa kita harus melakukan semua yang kita bisa untuk bersiap dan memastikan kita mendapatkan hasil yang diinginkan.

Ini adalah hadiah yang diberikan kepada kita oleh nenek moyang kita yang membutuhkan kecemasan untuk memicu respons perkelahian atau lari ketika dihadapkan dengan segala jenis binatang buas dan situasi berbahaya yang mengancam kelangsungan hidup mereka.

Saat ini, bahaya yang kita hadapi tidak mungkin melibatkan anggota tubuh yang berpotensi dicabik-cabik oleh binatang buas, tetapi kita masih membutuhkan perlawanan atau respons untuk membantu kita membuat keputusan tentang cara terbaik untuk bertahan hidup. Jika gedung kita terbakar, misalnya, kecemasan adalah hal yang mengatakan, “Hei, kamu tahu? Lebih baik kita keluar dari sini! ”

Namun, masalah muncul ketika otak dan tubuh kita mulai bertindak seolah-olah kita berada di gedung yang terbakar bahkan ketika kita benar-benar aman. Dengan kata lain, ketika tingkat kecemasan yang kita rasakan tidak proporsional dengan bahaya (atau dalam kebanyakan kasus, kurangnya bahaya) kita berada.

Ketika ini terjadi, kita dihadapkan dengan apa yang disebut gangguan kecemasan, yang dapat mengambil berbagai bentuk.

Berbagai jenis gangguan kecemasan

Sementara sejumlah gejala umum dapat terjadi pada semua jenis kelainan, tidak akan membantu jika Anda hanya memberikan satu jawaban untuk pertanyaan paling penting yang kami bahas di sini:  Seperti apa rasanya kecemasan?

Yang benar adalah bahwa gangguan kecemasan yang berbeda terjadi karena alasan yang berbeda, biasanya menyebabkan mereka sendiri (kadang-kadang gejala yang tumpang tindih). Jika kita akan mengatasi kecemasan Anda atau seseorang yang Anda sayangi, akan bermanfaat untuk melihat beberapa gangguan kecemasan yang paling umum pada gilirannya.

General Anxiety Disorder (GAD)

Ini adalah bentuk gangguan kecemasan yang paling umum. Itulah yang biasanya dipikirkan banyak orang ketika mereka memikirkan kecemasan. Mempengaruhi satu dari lima orang dewasa Amerika pada tahap tertentu dalam hidup mereka, GAD biasanya lebih sering terjadi pada wanita, tetapi itu tidak berarti mengatakan pria kebal dari itu.

Tidak seperti bentuk gangguan lain yang dapat dipicu oleh satu situasi atau peristiwa, GAD biasanya membuat Anda merasa cemas tentang banyak hal yang berbeda secara teratur, bahkan mungkin setiap hari.

Para ahli menyarankan berbagai penyebab GAD, mulai dari ketidakseimbangan Serotonin dan noradrenalin hingga pengalaman traumatis dan penyalahgunaan zat, meskipun sering terjadi tanpa alasan khusus.

Yang bisa kita yakini adalah tanda dan gejala Gangguan Kecemasan Umum. Pada tingkat fisik, ini dapat mencakup:

  • Sesak napas
  • Dada ketat
  • Ketegangan otot
  • Detak jantung tak teratur
  • Insomnia
  • Gemetar atau gemetar

Sementara itu, sisi mental dan emosional GAD dapat membuat Anda merasa gelisah dan secara permanen “gelisah,” seolah-olah tubuh Anda dibanjiri dengan adrenalin. Beberapa orang yang menderita GAD juga melaporkan perasaan umum tentang malapetaka dan keputusasaan, atau bahkan kemarahan.

Gangguan Kepanikan

Seperti namanya, seseorang dengan gangguan panik akan memiliki serangan panik biasa bahkan jika serangan itu tidak dipicu oleh sesuatu yang khusus.

Serangan panik bisa sangat intens, datang pada Anda tampaknya entah dari mana dan benar-benar melumpuhkan Anda.

Meskipun ketakutan dan stres yang muncul ketika Anda mengalami serangan panik bisa sangat kuat, itu adalah sensasi fisik dari serangan yang paling luar biasa. Sensasi ini mungkin termasuk:

  • Merasa tersedak atau nafas pendek
  • Hyperventilating
  • Merasa jantungmu berdegup sangat kencang hingga bisa menembus dada
  • Nyeri dada
  • Sensasi kesemutan / pin dan jarum
  • Dering di telinga Anda
  • Pusing
  • Merasa sangat panas dan berkeringat.

Intensitas perubahan fisik ini bisa menakutkan dan membuat Anda merasa sesuatu yang buruk akan terjadi pada Anda. Kabar baiknya adalah bahwa meskipun tampaknya seolah-olah serangan akan berlangsung selamanya, sebagian besar menghilang dalam waktu dua puluh menit dan sebagai akibatnya tidak akan terjadi hal buruk pada Anda.

Gangguan Kecemasan Sosial

Tidak salah dengan rasa malu atau tipe kepribadian introvert, Social Anxiety Disorder adalah ketakutan melumpuhkan situasi sosial. Ini tidak hanya berarti acara besar seperti pesta atau berada di sekitar kelompok besar, tetapi situasi sehari-hari seperti pergi ke supermarket atau bahkan berbicara di telepon.

Para ahli telah menyarankan bahwa gangguan ini, juga dikenal sebagai Fobia Sosial, dapat disebabkan oleh kombinasi faktor fisik dan lingkungan mulai dari ketidakseimbangan Serotonin (bahan kimia otak yang mengatur suasana hati) hingga sejarah masa lalu yang diganggu atau dilecehkan secara seksual. Namun, seperti kebanyakan masalah kesehatan mental, penyebab pastinya masih belum diketahui.

Apa yang kita ketahui adalah Gangguan Kecemasan Sosial terasa. Orang-orang dengan pesanan ini biasanya merasa sangat ketakutan tentang situasi yang melibatkan interaksi dengan orang lain. Ini mungkin sangat buruk sehingga mereka menghindari situasi seperti itu sama sekali.

Jika Anda memiliki Fobia Sosial dan Anda memang masuk ke dalam situasi sosial, Anda mungkin memiliki perasaan yang luar biasa bahwa orang-orang memperhatikan Anda setiap saat, atau terus-menerus khawatir melakukan sesuatu yang memalukan.

Gejala umum lainnya termasuk:

  • Menghindari kontak mata
  • Tingkat percaya diri yang rendah
  • Merasa sakit
  • Merasa sangat panas dan berkeringat
  • Gemetar dan gemetar
  • Serangan panik

Gangguan fobia

Fobia sosial biasanya digolongkan sebagai gangguan fobia, seperti halnya beberapa fobia yang lebih dikenal luas seperti Claustrophobia (takut ruang kecil) dan Arachnophobia (takut laba-laba). Ketakutan dan penghindaran yang terus-menerus dari hal atau situasi tertentu dapat digolongkan sebagai gangguan fobia, terutama jika itu berdampak pada kemampuan seseorang untuk berfungsi pada tingkat sehari-hari.

Meskipun kita sering menganggap fobia sebagai ketakutan “irasional”, ini tidak selalu kata terbaik untuk menggambarkannya. Untuk seseorang yang hidup dengan kelainan ini, fobia seringkali merupakan akibat dari peristiwa traumatis, menjadikannya – bagi mereka – sepenuhnya rasional.

Seperti apa rasanya kecemasan dalam kasus ini?

Perasaan yang paling luar biasa, tentu saja, adalah ketakutan mutlak ketika berhadapan dengan objek atau situasi yang memicu ketakutan, bahkan jika itu hanya sebuah gambar, video atau seseorang yang membicarakannya. Ketakutan ini dapat memanifestasikan dirinya secara fisik, seringkali dalam bentuk serangan panik, dengan banyak gejala yang sama seperti yang tercantum di atas.

Dalam kasus di mana fobia sangat buruk sehingga membatasi kemampuan seseorang untuk berfungsi dan menikmati hidup seperti fobia sosial atau agorafobia (takut ruang terbuka), itu juga dapat menyebabkan depresi yang melumpuhkan dan masalah jangka panjang lainnya.

Gangguan Stres Pascatrauma (PTSD)

Untungnya, lebih banyak yang diketahui tentang PTSD akhir-akhir ini daripada beberapa tahun yang lalu. Sekarang banyak dianggap sebagai salah satu gangguan kecemasan yang paling melumpuhkan.

Sesuai namanya, PTSD disebabkan oleh melalui peristiwa yang sangat traumatis atau penuh tekanan, seringkali membuat orang tersebut mengalami teror malam dan / atau kilas balik.

Mengingat tingginya jumlah personel militer yang dilaporkan menderita PTSD, tergoda untuk menganggapnya hanya memengaruhi mereka yang telah bertugas dalam pertempuran, meskipun bukan itu masalahnya. Gangguan Stres Pascatrauma dapat berdampak pada mereka yang telah mengalami berbagai macam situasi yang menyedihkan termasuk:

  • Pelecehan seksual
  • Kekerasan dalam rumah tangga
  • Serangan teroris
  • Kecelakaan lalu lintas jalan
  • Perampokan dan penyerangan

Bersamaan dengan pengalaman yang berulang dari peristiwa traumatis itu sendiri, gejala PTSD juga termasuk:

  • Insomnia
  • Hyperarousal (terus-menerus mencari ancaman)
  • Kesulitan fokus
  • Menjadi terisolasi dan ditarik sebagai mekanisme koping untuk menghindari rasa sakit PTSD

Apa yang bisa saya lakukan jika saya (atau seseorang yang saya sayangi) Mengalami gangguan kecemasan?

Gangguan kecemasan dapat diobati, dan ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menghentikan kecemasan dari memengaruhi kualitas hidup Anda. Di sini, kita akan melihat beberapa kegiatan anti-kecemasan yang paling umum, strategi dan teknik yang dapat Anda lakukan mulai hari ini.

Kiat swadaya

1. Batasi kafein dan alkohol

Kedua zat ini dapat meningkatkan kecemasan dan bahkan menyebabkan serangan panik.

2. Cobalah teh chamomile

Teh chamomile memiliki khasiat menenangkan yang dapat membuat Anda merasa tenang dan santai, dan bahkan membantu Anda tidur.

3. Latihan

Jangan pernah meremehkan kekuatan untuk menjadi aktif dalam memerangi kecemasan.

Jika gangguan kecemasan sosial berarti Anda tidak dapat menghadapi pukulan di gym, Anda selalu dapat memulai dengan berjalan kaki, mengendarai sepeda atau bahkan berlatih yoga di rumah.

Yang mengatakan, apa pun yang membuat Anda keluar di udara segar akan melakukan Anda dunia yang baik. Peluang apa pun yang bisa Anda ambil untuk beraktivitas di luar rumah akan meningkatkan mood dan membuat Anda lebih lelah secara alami. Ini bisa sangat membantu jika kecemasan Anda menyebabkan Anda sulit tidur dan masalah tidur lainnya.

4. Cobalah latihan pernapasan, yoga, dan / atau meditasi

Ada alasan mengapa banyak profesional kesehatan mental merekomendasikan latihan pernapasan dan meditasi untuk mengatasi kecemasan – mereka sangat efektif.

Youtube penuh dengan video yang menawarkan teknik pernapasan dan meditasi, meskipun jika Anda merasa sanggup melakukannya, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menemukan kelompok meditasi atau yoga lokal. Kemungkinannya adalah Anda akan menemukan orang lain yang bergabung dengan alasan yang sama seperti Anda dan dapat membangun jaringan dukungan yang berharga dari orang-orang yang benar-benar ‘mengerti’.

Pengobatan

5. Bicaralah dengan dokter Anda

Tergantung pada jenis kecemasan yang Anda hadapi, beberapa dokter mungkin menulis resep untuk obat kuat yang dapat mengurangi kecemasan. Tentu saja, tidak semua orang ingin menjalani pengobatan, tetapi itu seharusnya tidak menghentikan Anda dari membuat janji.

Bahkan, bagi banyak orang, mengunjungi dokter bisa menjadi kesempatan pertama mereka untuk membuka diri tentang masalah mereka. Ini sendiri bisa sangat membantu. Dokter Anda mungkin juga dapat membuat rujukan untuk bentuk perawatan lain, seperti terapi.

6. Terapi Perilaku Kognitif (CBT)

Sangat efektif dalam mengatasi gangguan kecemasan, CBT adalah pendekatan langsung, langsung ke terapi di mana terapis Anda akan membantu Anda mengembangkan keterampilan dan strategi yang berguna untuk mengelola dan mengurangi dampak kecemasan Anda sehingga Anda dapat menjalani kehidupan yang memuaskan dan bahagia.

Kecemasan tidak harus mengendalikan hidup Anda

Meskipun kecemasan mungkin terasa seperti teror yang menghabiskan seluruh kehidupan orang, bahkan dalam keadaan yang lebih buruk itu tidak dapat secara fisik membunuh siapa pun. Yang mengatakan itu dapat mengendalikan hidup Anda sedemikian rupa sehingga membunuh rasa kenikmatan atau pemenuhan yang Anda dapatkan dari hidup.

Tetapi tidak harus seperti ini.

Jauh dari menjadi pembunuh tak kasat mata yang membuat Anda dikurung di dalam rumah Anda sendiri (atau, lebih buruk, di dalam pikiran Anda sendiri), kecemasan dapat dikendalikan, dikurangi dan bahkan dihilangkan seluruhnya.

Suatu hari, satu langkah, satu saat dalam satu waktu, Anda juga dapat membebaskan diri dari cengkeraman kecemasan dan mulai benar-benar memanfaatkan hidup dengan cara yang mungkin tidak pernah Anda impikan.

beranda

Mengapa Anda Terus Bangun di Tengah Malam (Dan Cara Memperbaikinya)

Leave a Reply