Categories
Kesehatan

Tanda-Tanda Depresi pada Anak (Dan Bagaimana Membantu Mereka Mengatasinya)

Tanda-Tanda Depresi pada Anak (Dan Bagaimana Membantu Mereka Mengatasinya)

Anak-anak, seperti halnya orang dewasa, dapat mengalami depresi. Kadang-kadang anak-anak yang kelihatannya normal tanpa masalah hidup besar dapat menjadi depresi. Ini adalah hasil dari ketidakseimbangan kimia di otak yang menyebabkan depresi klinis terjadi. Ada tanda-tanda khusus yang harus Anda kenali pada anak Anda jika mereka mengalami depresi. Mendapatkan mereka bantuan dan perawatan sangat penting untuk kesehatan mental mereka.

Pada artikel ini, kita akan melihat tanda-tanda depresi pada anak-anak dan bagaimana orang tua dapat membantu mereka untuk mengatasinya.

Tanda-tanda depresi pada anak-anak

DSM (Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental) adalah panduan instruksi yang diterima secara luas yang digunakan para profesional untuk mendiagnosis gangguan mental. DSM mencirikan Episode Depresi Besar sebagai perilaku depresi yang secara konsisten berlangsung selama dua minggu atau lebih. Karena itu, jika anak Anda telah “jatuh dalam kesedihan”, merasa putus asa atau memiliki kesedihan selama lebih dari dua minggu, itu harus menjadi perhatian dan diselidiki.

Di bawah ini adalah tanda-tanda depresi menurut manual DSM. Individu harus memiliki setidaknya lima perilaku ini untuk jangka waktu dua minggu atau lebih untuk secara resmi didiagnosis memiliki MDD (Major Depressive Disorder). Di bawah ini adalah ringkasan / generalisasi dari manual DSM:

  • Perasaan sedih yang mendalam atau suasana hati tertekan yang berlangsung hampir sepanjang hari (selama dua minggu atau lebih). Bagi anak-anak, mereka bisa menunjukkan kesal daripada sedih.
  • Minat berkurang dalam kegiatan (lagi-lagi sebagian besar hari atau sepanjang waktu).
  • Penurunan berat badan yang signifikan (tidak melalui diet), atau penurunan nafsu makan. Pada anak-anak, mereka gagal membuat kenaikan berat badan yang diharapkan saat tumbuh.
  • Kesulitan tidur (insomnia).
  • Entah perlambatan kemampuan / tindakan psikomotorik atau agitasi yang jelas dari kemampuan psikomotorik ini. Ini berarti bahwa mereka memiliki momen yang tidak memiliki tujuan dan tampaknya dilakukan karena agitasi dan ketegangan atau ada kelambatan / keterlambatan signifikan dari ucapan dan tindakan fisik mereka.
  • Kelelahan dan kehilangan energi.
  • Perasaan tidak berharga atau rasa bersalah yang berlebihan setiap hari.
  • Kesulitan berpikir, membuat keputusan, atau berkonsentrasi setiap hari. Ini mungkin tercermin dalam nilai mereka.
  • Asyik dengan kematian dan pikiran mati atau bunuh diri.

Harap dicatat bahwa jika anak Anda menderita kehilangan orang yang dicintai dan diproses melalui tahap-tahap kesedihan, adalah normal untuk memiliki tanda-tanda depresi ini. Jika mereka tampaknya terjebak dalam tahap depresi, maka inilah saatnya untuk mengejar konseling kesedihan untuk membantu mereka dalam proses berduka.

Namun, jika mereka tidak menderita kematian atau kondisi medis yang akan menyebabkan gejala di atas, maka mereka harus dibawa ke profesional untuk kemungkinan diagnosis dan pengobatan MDD (Major Depressive Disorder).

Bagaimana membantu anak Anda dengan depresi

Depresi tidak bisa dianggap enteng. Terutama jika ada pikiran untuk bunuh diri. Perasaan dan emosi anak itu nyata dan harus ditanggapi dengan serius. Menurut National Institute of Mental Health (NIMH), bunuh diri adalah penyebab kematian nomor dua bagi individu yang berusia antara 10 dan 34 tahun. [1]

Bantuan profesional direkomendasikan jika Anda yakin anak Anda cocok dengan kriteria MDD (Major Depressive Disorder). Anda dapat membawa anak Anda ke dokter anak untuk evaluasi dan rujukan. Tergantung pada keparahan gejala, mereka dapat mengambil manfaat dari obat seperti anti-depresi.

Kebanyakan profesional tidak memberikan obat sebagai obat pertama untuk depresi. Sebaliknya terapi adalah garis pertahanan pertama melawan depresi, dengan obat dipasangkan dengan terapi jika terapi tidak cukup atau gejalanya cukup parah.

Pengujian

Ada alat penilaian yang dapat digunakan para profesional untuk membantu menentukan dengan tepat apakah anak Anda mengalami depresi. Tiga alat yang digunakan dalam menilai depresi pada anak-anak adalah:

  • Skala Penilaian Depresi Anak (CDRS)
  • Inventarisasi Depresi Anak (CDI)
  • Impresi Global Klinis (CGI)

Membawa anak Anda ke konselor kesehatan mental profesional, psikolog atau psikiater dapat membantu memastikan pengujian dan penilaian yang tepat terjadi.

Terapi

Ada banyak jenis terapi yang tersedia saat ini. Penting untuk menemukan seorang profesional yang berspesialisasi dalam depresi masa kanak-kanak dan perawatan seperti itu.

Terapi perilaku kognitif adalah salah satu metode terapi terkemuka dalam mengobati depresi masa kecil. Untuk anak-anak yang lebih muda, terapi bermain berguna dalam mengobati depresi masa kanak-kanak karena anak-anak sering dapat berkomunikasi lebih baik melalui bermain daripada hanya berbicara.

Apa yang dapat dilakukan orang tua di rumah untuk membantu anak mereka yang depresi

Selain mencari bantuan profesional, ada beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua di rumah untuk membantu anak mereka yang depresi:

1. Bicarakan dengan anak Anda tentang perasaan mereka dengan cara yang penuh kasih dan empati.

Bisa merasakan tekanan tinggi untuk duduk berhadapan dan bertanya kepada anak Anda tentang perasaan mereka. Namun, berjalan-jalan, bermain papan atau bermain bersama anak Anda (memilih usia yang sesuai untuk anak Anda) dapat memungkinkan mereka untuk rileks dan terbuka tentang perasaan mereka.

Ajukan pertanyaan terbuka kepada anak Anda yang membutuhkan lebih dari ya sederhana atau tidak untuk terlibat dalam percakapan yang lebih bermakna. Jangan pernah menghakimi ketika mereka bersikap terbuka dan jujur ​​kepada Anda karena itu pasti akan menyebabkan mereka tutup dan menjauh dari bersikap terbuka dengan Anda.

Tidak apa-apa untuk membiarkan periode hening selama percakapan karena kadang-kadang anak memproses pikiran dan emosi mereka selama waktu Anda bersama. Anda tidak perlu mengisi ruang dan seluruh waktu dengan berbicara karena kesunyian kadang-kadang bermanfaat.

2. Berikan aktivitas yang membantu mereka rileks dan stres.

Untuk anak kecil, ada cara sederhana untuk membantu mereka rileks.

Berikan kesempatan bermain yang mereka temukan santai seperti mewarnai, melukis, bekerja dengan Play-do atau tanah liat, atau bermain dengan mainan pasir dan pasir. Sekali lagi, menemukan kegiatan yang menarik bagi anak Anda dan sesuai usia sangat membantu dalam membuat mereka santai.

3. Batasi waktu layar.

Teknologi tidak membantu membuat anak Anda tidak terlalu tertekan. Ini seringkali bisa menjadi pelarian yang membuat mereka tidak membuka lebih jauh tentang perasaan dan emosi mereka.

Batasi waktu di depan TV, laptop, ponsel pintar, video game dan tablet, dll. Segala elektronik yang tampaknya mencegah anak Anda dari interaksi tatap muka harus dibatasi. Tanya Dr. Sears mengutip bahwa para peneliti telah menemukan anak-anak yang memiliki tingkat waktu menonton yang lebih tinggi berisiko lebih besar untuk mengalami kecemasan dan depresi. [2]

Berikan kegiatan alternatif untuk mengganti waktu layar seperti hiking, kerajinan, menggambar, membangun, bersepeda, dan bermain di luar, dll. Beberapa anak mungkin sangat bergantung pada waktu layar mereka sebagai sumber hiburan sehingga mereka mungkin mengharuskan Anda untuk berpartisipasi dalam kegiatan alternatif bersama mereka untuk terlibat dalam kegiatan.

Anda tidak bisa hanya menyuruh anak Anda pergi ke luar untuk bermain jika mereka menderita depresi, kekurangan teman, dan terbiasa duduk dan bermain video game setiap hari sepulang sekolah. Pergi ke luar bersama anak Anda dan lakukan pendakian alam atau ajak anak Anda ke taman bermain dan bersenang-senang bersama untuk membuat mereka terlibat dalam kegiatan alternatif ini.

4. Promosikan waktu di luar ruangan dan aktivitas fisik.

Dorong anak-anak Anda untuk mengambil bagian dalam kegiatan yang terutama melibatkan alam seperti pendakian alam. Lakukan kegiatan ini bersama mereka untuk membantu mereka terlibat dalam kegiatan. Sekali lagi ini adalah kesempatan untuk percakapan terbuka terjadi dan waktu berkualitas untuk terjadi.

5. Bantu anak Anda ketika masalah dan tugas sulit muncul.

Bantu mereka dengan membantu mereka memecah tugas menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola. Anak-anak dengan depresi sering mengalami kesulitan mengambil masalah besar dan tugas dan menemukan mereka luar biasa. Membantu mereka dengan memecah tugas menjadi tugas yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola akan membantu dalam membantu meningkatkan kepercayaan diri mereka ketika tugas kecil dikuasai.

Tugas kecil yang dikuasai menyebabkan tugas yang lebih besar dikuasai seiring waktu. Ini adalah proses dari waktu ke waktu, kesabaran dan kemauan untuk bekerja bersama anak Anda. Ini tidak berarti melakukan tugas atau menyelesaikan masalah sendiri. Sering kali yang dibutuhkan anak adalah Anda memecah tugas yang lebih besar menjadi tugas yang lebih mudah dikelola dan bagi Anda untuk dengan sabar berbicara dengan anak Anda melalui penyelesaian tugas yang lebih kecil ini.

6. Bantu anak Anda mengurangi stres hidup.

Ketika anak-anak mengalami depresi, mereka memiliki kesulitan yang lebih besar dalam menangani aktivitas kehidupan secara umum. Kurangi kegiatan yang menyebabkan stres meningkat dan cari cara untuk membantu mengurangi stres dalam kehidupan anak Anda.

7. Menumbuhkan suasana rumah yang positif.

Kurangi atau hilangkan sikap, bahasa, dan percakapan negatif. Juga hindari suara-suara yang terangkat, perilaku agresif pasif dan segala bentuk kekerasan fisik di rumah.

Jadikan rumah Anda tempat yang aman bagi anak Anda alih-alih atmosfer yang selalu bergejolak (dalam kata-kata, emosi, atau fisik). Jadikan lingkungan yang tenang yang membuat anak Anda merasa aman dan terjamin secara mental, emosional dan fisik.

8. Bantu anak Anda melihat hal positif dalam situasi kehidupan.

Tunjukkan hal-hal positif dalam situasi daripada yang negatif. Bantu mereka melihat sisi baiknya dari situasi apa pun.

Jadilah teladan dalam melihat hal positif dalam hidup dengan mengucapkan kata-kata yang meneguhkan, membesarkan hati, dan positif. Tahan godaan untuk menyuarakan pikiran-pikiran negatif yang muncul di benak Anda saat anak Anda dapat memberi makan emosi dan kata-kata Anda.

9. Percayalah pada anak Anda ketika mereka berbicara tentang perasaan mereka.

Dengarkan mereka dengan sabar dan perhatikan kata-kata mereka dengan serius. Jangan mengabaikan atau meminimalkan perasaan mereka. Ekspresikan empati dan kasih sayang ketika mereka benar-benar terbuka tentang perasaan mereka. Bantu mereka memanfaatkan pernyataan “Saya merasa” dalam mengekspresikan emosi mereka.

10. Waspadai perilaku bunuh diri.

Perilaku seperti itu termasuk anak Anda / remaja yang meneliti topik ini secara online, mereka menyerahkan harta benda mereka dan keasyikan dengan kematian.

Mencari bantuan profesional segera dengan presentasi perilaku atau pemikiran bunuh diri. Simpan nomor ini di tangan dan gunakan jika ragu: Nomor Telepon Saluran Pencegahan Bunuh Diri Nasional 1-800-273-8255.

11. Simpan semua resep, alkohol, obat-obatan dan senjata terkunci dan jauh dari anak-anak dan remaja.

Ini diberikan untuk semua anak, tetapi bahkan lebih penting untuk anak-anak yang mengalami depresi karena mereka memiliki kemungkinan yang meningkat untuk menyalahgunakan narkoba dan alkohol. Mereka juga memiliki kemungkinan lebih besar untuk melakukan bunuh diri. Jadi jauhkan senjata dan peralatan seperti tali dan pisau yang dapat digunakan untuk bunuh diri dari kemampuan anak untuk menggunakannya.

12. Habiskan kualitas satu-satu dengan anak Anda.

Luangkan waktu di hari Anda, setiap hari, untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama anak Anda. Anda mungkin memiliki waktu terbatas dan tidak dapat menyediakan satu jam atau lebih sehari untuk mendedikasikan untuk satu-satu waktu dengan anak Anda, tetapi Anda harus memberikan minimal 20 menit sehari dengan kualitas pengeluaran anak Anda satu-satu secara bersamaan . Coba kegiatan yang disarankan tercantum dalam poin # 3.

13. Jadilah penyemangat dan pendukung anak Anda.

Tunjukkan cinta dan jangan frustrasi atau marah karena situasi dan kondisi anak Anda. Bantu agar sikap Anda tetap positif sehingga anak Anda juga dapat melihat hal yang positif.

Menjadi lebih kuat

Berikan kata-kata penegasan sehari-hari yang tidak didasarkan pada hasil akhir (seperti nilai atau kemenangan) tetapi pujilah upaya yang mereka lakukan. Jika Anda memuji hasilnya, mereka akan kecewa ketika upaya mereka tidak berhasil. Jika mereka dipuji atas upaya mereka terlepas dari hasilnya, kepercayaan diri mereka dibangun berdasarkan pada sesuatu yang dapat mereka kontrol (upaya yang mereka lakukan dalam berbagai hal).

14. Bantu anak Anda untuk menjalani gaya hidup sehat.

Tidur adalah faktor yang sangat penting dalam suasana hati anak Anda. Tidak cukup tidur dapat menyebabkan seluruh hari menjadi kesal. Menurut Sleep Aid Resource, anak-anak berusia antara 3 dan 18 tahun membutuhkan antara 8 dan 12 jam tidur setiap malam: [3]

Pastikan anak Anda makan makanan yang sehat dan seimbang , melakukan aktivitas fisik / olahraga setiap hari dan banyak waktu tidur.

15. Bantu anak Anda membina hubungan positif dan pertemanan dengan teman sebayanya.

Tetapkan tanggal bermain untuk anak kecil Anda dan dorong anak-anak yang lebih besar untuk mengundang teman ke rumah Anda.

16. Bicara tentang bullying.

Ini bisa menjadi salah satu penyebab depresi anak Anda, jadi diskusikan kehidupan mereka di luar rumah dan interaksi mereka dengan teman sebaya mereka. Bantu mereka mengenali intimidasi dan bahas cara menangani intimidasi dengan benar.

17. Bantu anak Anda mengikuti rencana perawatan yang digariskan oleh dokter, konselor, psikolog atau psikiater.

Pastikan Anda mengetahui rencana perawatan yang telah dijabarkan oleh profesional kesehatan anak Anda untuk anak. Ini mungkin termasuk rekomendasi sesi konseling, obat-obatan dan rekomendasi untuk ditindaklanjuti dengan di rumah. Menyelesaikan rencana akan membantu memberikan hasil yang optimal untuk anak Anda dalam jangka panjang. Sebuah rencana tidak berfungsi kecuali jika diikuti.

18. Ketahuilah bahwa perawatan profesional membutuhkan waktu untuk menunjukkan hasil.

Jangan mengharapkan hasil untuk beberapa minggu pertama. Mungkin butuh satu bulan atau lebih, jadi bersabarlah dan pahami dengan anak Anda.

Depresi pada anak bisa disembuhkan

Depresi pada anak dapat terjadi karena berbagai alasan. Cukup bisa diobati.

Bantuan profesional direkomendasikan jika anak Anda mungkin dapat didiagnosis dengan episode depresi. Ada intervensi yang dapat diterapkan dalam lingkungan profesional, di rumah dan di sekolah. Kuncinya adalah memiliki rencana tindakan untuk membantu anak Anda.

Mengabaikan masalah atau berharap depresi akan hilang bukanlah rencana yang baik. Perawatan sangat penting untuk menyembuhkan depresi pada anak-anak.

Langkah pertama adalah berbicara dengan dokter anak anak Anda untuk membuat bola bergulir. Dia akan merujuk Anda ke spesialis di daerah Anda yang dapat membantu anak Anda mengatasi dan menaklukkan depresi mereka satu hari pada suatu waktu. Dengan Anda di sisi mereka, setiap langkah yang akan Anda lalui bersama dan sangat mungkin untuk hubungan Anda dengan anak Anda untuk diperkuat dalam proses juga. Itu bisa menjadi garis perak Anda atau pandangan positif pada situasi yang dihadapi.

beranda

15 Manfaat Probiotik (Dan Cara Menemukan Satu yang Sebenarnya Cocok untuk Anda)

Leave a Reply