Categories
Kesehatan

15 Manfaat Probiotik (Dan Cara Menemukan Satu yang Sebenarnya Cocok untuk Anda)

15 Manfaat Probiotik (Dan Cara Menemukan Satu yang Sebenarnya Cocok untuk Anda)

Kita semua tahu probiotik dari iklan dan kemasan yogurt. Kami sudah mendengar itu baik untuk pencernaan. Kami mungkin telah mengeluh kepada seorang teman tentang kembung dan mendapatkan rekomendasi dengan mata terbelalak, “Oh, Anda harus mencoba mengambil probiotik!” Lebih dari itu, apa yang sebenarnya dilakukan probiotik bagi kita? Berapa yang harus kita dapatkan? Apakah yogurt satu-satunya cara untuk mendapatkannya?

Mari kita bicara tentang apa sebenarnya probiotik, manfaat apa yang mungkin mereka berikan kepada kita, dan bagaimana memilih yang tepat untuk Anda dan keluarga Anda.

Apa itu probiotik?

Probiotik adalah bakteri yang hidup di saluran pencernaan Anda yang baik untuk kesehatan Anda.

Saluran pencernaan Anda adalah rumah bagi populasi besar berbagai jenis bakteri dan ragi, masing-masing dengan fungsinya sendiri. Komunitas berbagai mikrobiota kadang-kadang disebut flora usus Anda. Komunitas ini bekerja bersama dengan baik ketika semua strain bakteri dan ragi seimbang.

Jika populasi bakteri baik menjadi terlalu rendah, bentuk buruk bakteri dan ragi di saluran pencernaan Anda dapat berlipat ganda tanpa diperiksa, sama seperti gulma yang mengambil alih satu halaman.

Ada juga sesuatu yang disebut prebiotik , yang merupakan jenis serat yang tidak dapat dicerna dan pati resisten yang memberi makan bakteri baik. Prebiotik adalah makanan untuk probiotik dan membantu mereka berkembang. Kebetulan sebagian besar makanan prebiotik adalah makanan yang sangat sehat bagi Anda secara umum – seperti bawang putih, asparagus, dedak gandum, dan pisang – sehingga semuanya menang-menang.

15 manfaat probiotik yang tidak Anda ketahui

1. Seimbangkan flora pencernaan

Manfaat utama probiotik adalah menjaga keseimbangan populasi bakteri baik sehingga bakteri dan ragi buruk tidak mengambil alih.

Tingkat flora Anda yang baik dapat dikurangi karena antibiotik, stres, sabun antibakteri atau mencuci tangan, air minum yang diklorinasi, makanan yang diobati dengan pestisida dan herbisida, kolonoskopi atau kolon (hidroterapi usus besar), atau menjalani operasi, radiasi atau kemoterapi.

Itulah saat-saat penting mengambil suplemen probiotik untuk mengisi kembali saluran pencernaan Anda dengan bakteri baik yang membuat Anda tetap sehat.

2. Membantu meredakan diare menular

Jika Anda mendapati diri Anda terkena diare mendadak (kapan saja itu disebabkan oleh virus, bakteri, atau parasit), dapatkan sendiri probiotik. Mereka telah terbukti mengurangi keparahan dan durasi diare menular. Bagi siapa saja yang pernah mengalaminya, setiap menit Anda bisa mengurangi pengalaman ini dengan sangat berharga emas. [1]

3. Mencegah diare terkait antibiotik

Setelah minum antibiotik, reaksi umum adalah diare. Studi menunjukkan bahwa meminum probiotik secara langsung setelahnya dapat mengurangi peluang. Ini masuk akal karena probiotik akan membantu mengisi kembali saluran pencernaan Anda dengan bakteri baik yang meningkatkan pencernaan yang sehat sebelum bakteri jahat memiliki kesempatan untuk berkembang. [2]

4. Mengurangi gejala kolitis ulserativa

Karena manfaat probiotik terutama dalam kesehatan pencernaan, ada penelitian tentang bagaimana mereka dapat mempengaruhi berbagai jenis penyakit radang usus. Sejauh ini, mereka telah melihat efek positif pada gejala kolitis ulserativa. [3]

5. Kemudahan kembung dan gas pada sindrom iritasi usus besar (IBS)

Ada juga beberapa penelitian tentang manfaat probiotik pada sindrom iritasi usus. Sekali lagi, beberapa gejala (kembung dan gas khususnya) tampaknya mereda ketika mengambil probiotik. Ini tampaknya menjanjikan dan mudah-mudahan akan ada lebih banyak penelitian untuk mencari tahu yang memiliki efek paling banyak untuk memberikan bantuan. [4]

6. Mencegah infeksi saluran kemih

Sebuah studi tentang infeksi saluran kemih menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi suplemen Lactobacillus crispatus setiap hari selama 5 hari, kemudian setiap minggu selama 10 minggu, memiliki tingkat yang lebih rendah untuk mendapatkan ISK berulang pada waktu itu. [5]

7. Menghasilkan vitamin

Bakteri dalam usus Anda memiliki peran dalam menciptakan vitamin tertentu seperti vitamin K dan beberapa vitamin B. [6]

8. Mengurangi peradangan

Peradangan adalah akar penyebab banyak penyakit yang berbeda, reaksi alergi dan respons imun serta terkait dengan obesitas dan sindrom metabolik.

Ketika probiotik dipelajari untuk manfaat kesehatannya, para peneliti juga mencari cara mereka membantu kami. Salah satunya tampaknya dalam mengurangi peradangan, dengan mengurangi penyebab atau reaksi yang memicu peradangan dalam beberapa cara. [7]

9. Membantu toleransi laktosa

Intoleransi laktosa sangat umum karena banyak dari kita berhenti memproduksi enzim laktase sehingga kita perlu memecah laktosa dalam susu dan produk susu. Probiotik dalam produk buku harian fermentasi seperti yogurt memecah laktosa sebelum mencapai usus besar kita – dan bakteri yang digunakan untuk membuat yogurt membantu kita mencerna laktosa dengan lebih baik. [8]

Probiotik juga dapat mengurangi reaksi alergi terhadap susu pada orang dewasa, tetapi penelitian belum menunjukkan secara pasti.

10. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Mendapatkan komunitas mikroba yang tepat di usus kita adalah bagian penting dari perkembangan awal bayi. Ini juga mempengaruhi perkembangan sistem kekebalan tubuh mereka. [9]

Untuk orang dewasa, probiotik dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh Anda dengan mempromosikan produksi antibodi alami dan merangsang aktivitas sel-sel kekebalan tertentu seperti sel dendritik dan sel-T. [10]

11. Membantu mengatur tekanan darah

Probiotik sedang dipelajari untuk efeknya pada kesehatan jantung dan mungkin memiliki beberapa dampak dalam menurunkan tekanan darah. Sejauh ini mereka hanya menemukan sedikit efek. [11]

12. Turunkan kolesterol darah

Probiotik tampaknya memiliki beberapa efek menguntungkan pada kolesterol darah juga, khususnya menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL (jahat). [12]

13. Meningkatkan kesehatan kulit (menghilangkan jerawat, rosacea, dan eksim)

Sudah ada beberapa penelitian yang menunjukkan manfaat probiotik untuk jerawat, rosacea dan eksim. Studi juga menunjukkan bahwa suplemen probiotik (Lactobacillus GG) oleh ibu sebelum lahir, dan kemudian oleh bayi selama 6 bulan setelah kelahiran, dapat mengurangi kemungkinan anak terkena eksim. [13]

14. Mengurangi kecemasan dan depresi

Manfaat probiotik dapat meluas ke kecemasan dan depresi dengan mengurangi gejala stres tersebut. [14] Setiap masalah kesehatan mental tentu saja harus ditangani terutama oleh seorang profesional yang berkualifikasi, tetapi probiotik dapat menambahkan tambahan bebas risiko untuk pendekatan seumur hidup untuk manajemen stres.

15. Mencegah perkembangan alergi

Probiotik dapat membantu mencegah perkembangan alergi pada anak-anak, terutama jika ibu mengonsumsi probiotik selama kehamilan. [15]

catatan:

Penelitian tentang manfaat probiotik cukup baru, jadi belum banyak bukti konklusif. Namun apa yang telah dilakukan sejauh ini menjanjikan. Banyak hasil tampaknya bergantung pada jenis probiotik yang membantu untuk masalah kesehatan tertentu, jadi ada banyak potensi untuk menemukan hasil baru.

Semoga semakin banyak yang mereka temukan, semakin banyak penelitian akan dilakukan di masa depan untuk membantu kita memahami semua cara di mana probiotik menjaga kita tetap sehat.

Bagaimana menemukan probiotik yang cocok untuk Anda

Kebanyakan orang berpikir tentang yogurt ketika mereka berpikir untuk mendapatkan probiotik, dan ada beberapa yogurt non-susu yang dibuat dengan probiotik yang dikultur dengan baik. Anda juga bisa mencoba kefir, kombucha, sauerkraut, kimchi dan makanan fermentasi alami lainnya.

Satu hal yang harus diperhatikan adalah bahwa banyak yogurt (terutama yang susu) yang dijual secara komersial harus dipasteurisasi, yang melibatkan panas yang sering membunuh bakteri probiotik. Lihat paket untuk melihat apakah yogurt telah dipasteurisasi atau belum.

Ada juga suplemen probiotik yang luar biasa untuk mendapatkan sumber probiotik yang lebih terkonsentrasi. Anda akan ingin mengambil dosis 1 miliar atau lebih per hari, dan galur yang tepat tidak sepenting memiliki berbagai galur. Bahkan ada versi bergetah untuk anak-anak, atau siapa pun yang tidak suka minum kapsul.

Meskipun probiotik paling sering dikaitkan dengan produk susu, ada banyak suplemen probiotik vegan dan produk non-susu. Probiotik adalah bakteri yang memberi makan dan tumbuh dengan gula, dan tidak perlu produk hewani dalam siklus hidupnya.

Kebanyakan orang tidak perlu mengonsumsi suplemen probiotik setiap hari tanpa batas waktu, anggap itu sebagai penambah setiap waktu. Jika Anda memperhatikan bahwa pencernaan Anda tidak aktif atau jika Anda harus mengambil antibiotik, minumlah selama beberapa minggu sampai pencernaan Anda normal, dan kemudian istirahat.

Meskipun sebagian besar suplemen sebaiknya dikonsumsi dengan makanan untuk penyerapan yang tepat, suplemen probiotik paling baik dikonsumsi dengan perut kosong sehingga probiotik dapat masuk ke sistem pencernaan Anda dengan cepat. Waktu terbaik adalah hal pertama di pagi hari, sebelum sarapan.

Garis bawah

Probiotik memiliki banyak manfaat potensial, mulai dari meningkatkan pencernaan hingga kesehatan jantung hingga fungsi kekebalan tubuh. Sementara beberapa manfaat yang tercantum di sini mungkin belum sepenuhnya diteliti, apa yang kita ketahui adalah bahwa probiotik umumnya aman dan tidak memiliki efek samping bagi kebanyakan orang. Jika mereka tidak bisa terluka, mengapa tidak mencobanya?

Probiotik harus selalu dianggap sebagai suplemen pelengkap untuk perawatan kesehatan rutin Anda, dan tentu saja tidak pernah bertentangan dengan nasihat medis profesional. Sebelum mengambil suplemen apa pun, Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter medis Anda.

beranda

Bagaimana Saya Menurunkan Berat Badan, Mendapatkan 9% Lemak Tubuh dan Membangun Otot dengan Diet Vegan

Leave a Reply